Google Transtools

English French German Spain Italian Dutch
Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Buku Tamu

Rabu, 15 Februari 2012

Pembatasan BBM Bersubsidi "Menghemat dana APBN"


Pemerintah mempertimbangkan upaya pembatasan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi akan diberlakukan pada Pegawai Negeri Sipil (PNS) beserta BUMN. Sementara opsi kenaikan akan dilakukan untuk kendaraan pribadi lainnya.

Wakil Menteri ESDM Widjajono Partowidagdo mengatakan, untuk menghemat dana APBN yang akan digunakan untuk rencana pembangunan ekonomi di Indonesia maka pembatasan, harus dilakukan. Namun, untuk saat ini yang dibatasi adalah pegawai negeri dan BUMN.

"Itu (PNS & BUMN) boleh tetap pakai pertamax. Kalau misalnya untuk kendaraan pribadi itu boleh naik artinya kan gak dibatasi. Pertamax dan premium masih ada kan. Itu logika saja," ujar dia kala ditemui di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta Rabu (15/2/2012).

Menurutnya, kenaikan juga bisa terjadi pada kendaraan umum. Meski begitu, hal tersebut memerlukan kajian lebih lanjut. "Itu kan masih opsi, sama kaya sepeda motor ada opsi seperti itu," tambah dia.

Ke depan, ketika subsidi premium telah menipis maksimal Rp1.000 per liter, saat itu juga diharapkan kendaraan umum sudah menggunakan BBG.

"Dan sepeda motor enggak disubsidi lagi, misalnya sepeda motor pakai listrik dan pertamax. Jadi nanti suatu saat disubsidi Rp1.000 untuk semua. Kalau bisa di 2014, supaya presiden sudah tenang hidupnya, karena udah enggak ada beban subsidi yang besar," tutur dia.

Dia melanjutkan, dana penghematan tersebut nantinya digunakan untuk pembangunan ekonomi yang lebih besar ketimbang mengakomodasi subsidi yang makin besar.

"Kita mau pemerintahan mendatang itu dipakai untuk penggunaan semua untuk pembangunan ekonomi. Kita jangan sampai tersandera karena mengakomodasi premium untuk harus menjadi murah lalu akibatnya uang pembangunan kita berkurang," katanya.

Meski begitu, untuk pertumbuhan yang lebih baik dia mengungkapkan, pemerintah juga harus melihat dari sisi lain seperti korupsi dan pertambangan. "Pertambangan kan pendapatan negaranya enggak banyak jadi harus dievaluasi lagi dan penerimaan migas kita habis karena subsidi untuk BBM, seolah-olah kita enggak bisa memanfaatkan sumber daya alam kita," pungkasnya. (mrt) (rhs)

Ref : OkeZone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INGIN DOMAIN GRATIS 100% , -.COM-.NET-.ORG

INGIN DOMAIN GRATIS 100% , -.COM-.NET-.ORG
Syarat Cuman Menambahkan Teman/Pengguna (REFER FRIENDS) minimal 9 pengguna Max. 16 Pengguna.

Arsip Blog